Senin, 12 Oktober 2009

Bagaimana para pemenang nobel menghabiskan uang hadiahnya

Mungkin juragan0juragan semua penasaran dengan apa yang biasa dilakukan para pemenang nobel dengan hadiah uangnya. Sebagai refrensi para pemenang nobel di setiap kategori mendapat sekitar USD 1,3 juta. atau setara dengan Rp11.830.000.000,- penasaran tuh uang dikemanain aja ? cekidot....

1. Marie Curie

Marie curie memenangkan nobel pada tahun 1903 di bidang physic. Ia merupakan profesor wanita pertama yang memenangkan nobel pada saat itu. Dia juga menjadi satu-satunya orang yang pernah menerima nobel di dua kategori berbeda. hadiah nobel yang ia terima digunakan sebagai dana untuk melanjutkan penelitiannya. Bahkan pada akhirnya penelitian itulah yang membuatnya meninggal terkena radiasi radioaktif dan terserang leukimia pada usia 58 tahun.

2. Aung San Suu Kyi

Aung San Suu Kyi atau lebih di kenal dengan nama Suu kyi menerima nobel pada tahun 1991. Pada saat itu dia berbicara bahwa hadiahnya tersebut akan digunakan membangun pusat kesehatan dan pendidikan bagi rakyat burma.
namun sebelum hal tersebut terealisasi pemerintahan militer yang ada keburu menuduh Suu Kyi atas penggelapan pajak terhadap hadiah nobel yang diterimanya.

3. Al Gore

Al gore adalah pencetus kesadaran perubahan iklim yang mengemuka menjadi masalah dunia kahir-akhir ini. Gore bepergian dari satu tempat ke tempat lain untuk melakukan presentasi terhadap perubahan iklim yang akan terjadi. hal ini pula yang membawanya menerima hadiah nobel. Hadiah nobel yang diterimanya telah disumbangkan ke Alliance for Climate Protection yaitu sebuah organisasi yang didirikan dan diketuai sendiri oleh gore. Organisasi ini mempunyai misi agar amerika memiliki generator listrik yang 100% berasal dari sumber enegri berseih.

4. Philip Sharp

Philip sharp adalah seorang profesor yang telah melakukan penelitian di bidang kanker dan biokimia. ia menerima nobel pada tahun 1993 atas penemuan teknik sambungan RNA. Ia menghabiskan separuh uang nobelnya untuk untuk membeli sebuah federalist house.

5. Albert Einstein

Albert einstein sempat dianggap sebagai orang terpintar di muka bumi yang pernah ada. Einstein tercatat pernah berpindah-pindah kewarganegaraan dan yang terakhir tercatat sebagai warga amerika. Einsten juga tercatat telah menikah sebanyak dua kali. Namun yang akan menjadi perbincangan disini adalah istri pertamanya. Istri pertama einstein bernama Mileva Maric. Einstein sangat mengagumi kecerdasan maric yang saat itu menjadi teman sekelasnya. Akhirnya keduanya menikah. Namun setelah memiliki dua anak mereka bercerai karena maric mengangap einstein tidak perduli terhadap kedua anaknya dan hanya mementingkan penelitiannya saja. Pada akhirnya Einstein mendapat hadiah nobel, ia meninggalkan semua uang tersebut untuk maric dan kedua anaknya. Mungkin Einsten merasa berhutang budi pada maric yang kerap membantunya dalam membuat jurnal-jurnal penelitian.

6. out of list

nomor 6 sengaja ane kosongin khusus buat orang Indonesia yang mengukir namanya di Nobel Kelak......


komentarin ahh:
mungkin suatu saat gw yang mengisi kekosongan foto itu.....

0 komentar:


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Wedding Bands. Powered by Blogger