Senin, 28 September 2009

Fakta keunggulan Petai

Siapa Bilang Petai Cuma Bisa Bikin Bau Mulut???

Siapa yang tidak kenal dengan petai atau pete?
Sayuran (jika juragan enggan menyebutnya dengan buah) yang satu ini memang melegenda seantero nusantara. Namun sayangnya reputasi yang dibangun oleh tanaman ini begitu didiskriminasikan hanya karena petai dianggap sebagai penyebab bau mulut dan masih dianggap sebagai makanan kampung.
Anggapan tersebut memang tidak sepenuhnya salah. Namun bagaimana jika sekarang kita melihat petai dari sisi yang lain karena faktanya petai memiliki berbagai kelebihan-kelebihan lain diantara tanaman lainnya. Kelebihan tersebut antara lain :

1. Sebagai lalapan dan sangat klop dengan sambal terasi (subjektif dulu)
2. Mengandung 4(empat) kali Protein lebih banyak dari Apel.
3. karbohidrat dua kali lebih banyak.
4. tiga kali lipat fosfor dan lima kali lipat vitamin A dan zat besi.
5. dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya.
6. Mengandung 142 kkal per 100 g biji dan sangat bagus ebagai sumbet energi.

Nah, sekarang kita sudah mulai mengenal "Sisi baik" dari petai. bagaimana dengan khasiatnya?
ternyata petai juga memiliki khasiat-khasiat yang tak kalah paten dari obat-obat generik. Khasiat tersebut antara lain :

1. Menghilangkan Depresi
Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi , banyak orang merasa lebih baik setelah makan pete. Hal ini terjadi karena pete mengandung tryptophan .

2. PMS (premenstrual syndrome)
Jika mengalami PMS saat ' tamu ' datang , kamu ga perlu minum pil ini ataupun itu , cukup atasi dengan makan pete.

3. Mengobati Anemia
Dengan kandungan zat besi yang tinggi , pete dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

4. Mengatasi Tekanan darah tinggi
Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium , tetapi rendah garam , sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya , sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

5. Membantu Kemampuan otak
200 siswa di Twickenham (Middlesex) tertolong dengan mudah melalui ujian pada tahun ini karena memakan pete pada saat sarapan , istirahat , dan makan siang. Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa semakin waspada.

7. Obat mabuk
Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan "penyakit" mabuk adalah milkshake pete , yang dimaniskan dengan madu. Pete akan membantu menenangkan perut dan dengan bantuan madu akan meningkatkan kadar gula darah yang jatuh , sedangkan susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh.

8. Mengatasi Mual
di pagi hari Makan pete diantara jam makan akan menolong mempertahankan kadar gula dan menghindari muntah.

dan masih banyak lagi khasiat lainnya yang pastinya akan membuat anda tercengang dan berpikir ulang ternyata petai tidak se"Kampung" yang saya kira... heheh.. gimana ?? masih maw beli apel ?? wong amerika juga mangan pete kok....


0 komentar:


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Wedding Bands. Powered by Blogger