Sabtu, 14 November 2009

[catper II] Gunung Kerinci. 3-5 november 2009

ane tidak beristirahat di pos 1. bukan karena ane sekalian kuat, tapi lebih dikarenakan kita udah pada istirahat di pos bayangan sebelumnya. jadi kita kayanya malu buat minta istirahat lagi. hehe..

trek dari pos 1 ke pos 2 mulai sedikit menantang. jalan2 mulai dihiasi tanjakan2 mulai dari level basic sampe intermedit. namun disini makin sering aja ditemui tumbuhan2 berduri yang kadang ada yang beracun sehingga gatelnya kagak ilang 2 hari. nah dalam menuju pos ini pula kaki ane mulai ngerasa kenceng bgt (maklumlah udah jarang olahraga) . ane sempet beberapa kali kram dan biasanya ane selalu minta istirahat klo kena kram. ane jadi suka malu sendiri gara2 kebanyakan minta istrihat. tapi anehnya setiap ane minta istirahat selalu disambut dengan antusias oleh temen2 ane yang laen.. sial, ane jadi kaya ngerasa paling lemah aja neh.. saking seringnya ane minta istirahat sampe2 si opek nawarin buat bawain carier. tentu aja ane tolak mentah2. dalam kelompok ane ada kepercayaan walao gak baku bahwa adalah sebuah aib kalo ada pendaki gunung yang sampe cariernya di bawain orang. tapi tetep aja tuh temen2 ane ngegodain ane n nawarin diri buat bawain carier ane.. tapi tetep ane tolak, bahkan ane ngomong sama mereka kalo ane bakal tetep bawa ini carier walaopun membuat ane mendaki gunung dengan merangkak.. gila boss , fatal kalo sampe carier ane di bawain. kenikmatan sesaat tapi jadi gunjingan seumur hidup.. ogah ane..

setelah berjalan satu setengah jam, akhirnya sampe juga kita di pos 2. disini kita ngelepas lelah dengan berisitirahat dan makan bekal yang udah disiapin dari bawah. kita sengaja bungkus nasi dari bawah buat dimakan disini. tapi anehnya walopun perut kayanya laper bgt, kita2 pada gak sanggup ngabisin itu bekal sampe abis. sampe2 saking gak abis muncul niat buat ngubur itu bekal. pemikiran mereka daripada makanan itu basi mending mereka kubur aja idup2. dan akhirnya kelima temen ane pada ngubur itu makanan di pos 2 kecuali ane. ane lebih milih disimpen aja buat dimakan ntr malem ato kapan gtu. ane ngerasa sayang aja klo nasi kudu dibuang2 kaya gtu.. dan ternyata keputusan ane tepat buat gak ngubur itu makanan. tmen2 ane pada nyesel ngubur itu makanan soalnya waktu sampe di pos 3 mereka pada kelaperan lagi dan dengan besar hati ane berbagi nasi dengan para fakir itu.

oiya, jalan menuju pos 3 sangat berat bos. udah kaya arcopodo di semeru, tanjakan bin-bin di cereme, dan tanjakan penyiksaan di rinjani. kita dipaksa buat bergelantungan di akar dan batang pohon. selain itu kita juga banyak ngelewatin jalan-jalan sempit diantara dinding tanah setinggi kepala yang kalo musin hujan berubah fungsi jadi selokan. di pos 3 tidak ada tanda yang menyatakan kalo itu adalah pos 3 sehingga banyak pendaki yang kadang salah perkiraan. jadi ane bagi info nih tentang ciri-ciri pos 3. jarak tempuh dari pos 2 ke pos 3 kurang lebih 3 jam. di pos 3 ini pohonnya udah mulai pendek2 dan terlihat pemandangan ke arah kersik tuo disana. selain itu jika kita melihat trek selanjutnya maka jalanan sudah terjal dan dan sulit. di pos 3 ini terdapat jalan di sebelah kiri yang ternyata menuju ke sebuah shelter lama yang tinggal tiang2 besi saja. jika kita lanjutkan ke bawah maka kita akan bertemu dengan aliran sungai kering. hati-hati disini karena sudah banyak anjing liar yang berkeliaran yahh namanya juga anjing liar.
tanda lain dari pos 3 adalah adanya sinyal simpati dan indosat yang lumayan kuat sehingga gak heran kalo bokap ane sempet telepon buat nanyain kabar...hehe

akhirnya kita mutusin buat bikin camp di pos 3. mengingat jalan ke pos 4 sangat terjal dan kayanya sulit dan makan energi banyak buat bawa carier ke atas. so, akhirnya kita bikin tenda dan kemudian istirahat untuk kemudian menuju puncak kerinci di esok hari.

[IMG][/IMG]

malam itu di pos 3 di kerinci, ane bener2 gak bisa tidur. bukan karena mikirin puncak atao udah gak sabar pengen daki ke puncak, tapi lebih disebabkan pengaturan posisi tidur yang salah. jadi tim ane cuma bikin satu tenda aja buat nampung 6 orang dan itu ane akui sungguh saat tidur paling gak nyaman dalam hidup. cuaca pada malam itu sempat mengkhawatirkan karena tiba-tiba aja pada malam hari hujan turun. ane udah akut aja kalo jadwal ke puncak pagi itu bakal gagal. Hujan baru berhenti pada pukul 03.30 . sebenrnya jam segitu sudah termasuk telat kalo masih ingin mendaki ke puncak, tapi emang dasar nekat akhirnya kita semua tetep caw ke puncak pada pukul 04.00 . trek dari pos 3 menuju pos pesanggrahan bener2 maut. kita udah kaya siamang aja bergelantungan di setiap akar dan batang. tapi itulah enaknya jalan malem, gak kerasa hausnya.. hehe..
akhirnya jalan menuju pos pesanggrahan terlewati sudah selama kurang lebih satu jam perjalanan. ketika sampai di batas vegetasi alias pos 4 terdapat sebuah tanah lapang yang cukup besar. namun bila kita memutuskan camp di pos 4 nampaknya harus selalu siap dengan terpaan angin yang tanpa halangan bakal menerpa tenda kita.

sampai di pos 4 sebenarnya puncak sudah mulai kelihatan. namun karena semalam turun hujan sehingga membuat asap belerang nampaknya enggan berhenti ngocor dari kawah puncak kerinci. di kerinci ini memang banyak orang mewanti-wanti agar menghindari menghisap uap belerang karena bisa bikin kita mati lemes. dan tanpa dikira-kira sebelumnya waktu itu asap belerang sudah berhembus menuju jalur pendakian. padahal menurut berita asap belerang baru akan menuju jalur pendaki pada pukul 7 sedangkan pada saat itu masih pukul 06.30 . tapi kita tetep keukeuh ngelanjutin pendakian menuju puncak. setiap kita mendaki beberapa meter kadang tanpa sadar asap belerang telah menghadang. bila sudah begitu ane cuma bisa menghindar dan nutupin idung ane pake apa aja yang ada deket ane mulai dari jaket, sarung tangan, sampe celana yang penting kaga ngisep itu asep. memang sudah dapat diduga bahwa ane bakal gagal dapet sunrise. matahari udah muncul ketika ane masih seperempat pendakian menuju puncak. tanpa pikir panjang lagi ane dan teman2 langsung aja jepret2 foto sekalian sambil nunggu itu asep belerang cabut.

trek menuju puncak di dominasi oelh batu-batuan dan kerikil. tidak seprti di semeru atau rinjani yang treknya benar-benar berpasir. di kerinci lebih banyak kerikilnya, mungkin karena termasuk gunung yang jarang di daki sehingga masih terpelihara. mungkin kondisi tepatnya lebih mirip di gunung slamet. trek tersebut lebih memudahkan kita dalam mendaki dan memijak. trek awal jalan masih terlihat dengan jelas. kita akan dengan mudah membedakan kemana arah pendakian. namun semakin keatas kondisi jalan semakin rancu dan tidak jelas. diharapkan temen2 yang maw naek kesana bikin tanda sendiri aja biar memudahkan ketika pulang nanti.

suhu di atas sungguh sangat dingin. ane udah gak bisa ngerasain lagi tangan ane. ditambah idung ane udah mulai ingusan sehingga ane udah ga taw lagi udara yang ane isep belerang apa bukan. entah kapan mulainya tiba-tiba kabut muncul secara perlahan namun pasti. asep belerang sama kabut udah gak bisa dibedain lagi. selain itu fisik ane dan teman2 ane pun mulai drop. mungkin setiap beberapa langkah ane berhenti. kondisi saat itu rasanya kok ane nganttuuuukkk banget. tapi setiap ane ketiduran, temen ane selalu bangunin ane buat tetep terjaga. ketika ane liat ke puncak kok kayanya itu asep belerang gak ada matinya ngocor dari kawah.. jam waktu itu udah menunjukkan pukul 08.00 semestinya itu udah masuk waktu terlarang buat pendaki naik ke puncak. dan disitulah mulai terjadi perselisihan antar temen ane. 2 orang temen ane tetep pengan lanjut ke puncak dengan alasan dia yakin kalo puncak tuh gak jauh lagi. sedangkan yang lain termasuk ane berniat mundur dan turun ke bawah karena melihat puncak yang selalu tertutup belerang dan nampaknya mustahil buat tetep didaki. di titik itu kita berpikir lamaaa banget tanpa ada keputusan yang diambil. bahkan temen ane sempet2nya nyalain kompor buat angetin badan. akhirnya ane teriak klo kita harus ambil keputusan secepatnya kalo gak maw mati kedinginan disitu. namun temen2 ane tetep keukeuh dengan pendapat masing-masing.

akhirnya disepakati tetep naek dengan catatan kalo sampe jam 9 belum ketemu puncak kita harus turun. ane setuju dan mulai bergerak naek lagi. di atas sana udah gak kedengeran lagi apa-apa. yang ada cuma tiupan angin aja yang tanpa halangan bergerak kesana kemari. saking kencangnya angin bahkan ngebuat ane harus harus berjalan merangkak karena ane selalu jatoh di terpa angin kalo berjalan dengan tegap. disitu ane bener2 baru ngerasain kencengnya angin yang biasanya cuma ane liat di tv. bahkan sampe sekarang ane masih belum yakin kalo angin bisa nerbangin orang kaya di film twister sampa akhirnya ane naek itu gunung. samar2 ane liat jalan ke bawah udah gak keliatan apa2 lagi. semuanya udah ilang ditelen kabut.