Sabtu, 14 November 2009

[catper I] Gunung Kerinci. 3-5 november 2009



[IMG][/IMG]

Kita sampe di desa kersik tuo jam 16.00 . disana sesuai saran dari bro kuukuuruuyuuk supaya ane ngehub home stay paiman. walopun ane akhirnya nginep di paiman, tetapi sebelumnya temen ane si tama udah ngehub orang tnks nya yang bernama pa sunandar yng ternyata satu almamater sama kita2 di sma. dan giranglah kita semua dan sempat berpikir perjalanan kita benar2 dipermudah. namun ternyata sampai desa kersik tuo ketika hendak lapor ke pos tnks ternyata kantr tnks nya ada di daerah sungai penuh yang jaraknya skitar 2 jam perjalanan. padahal kita pikir pak sunandar itu gawe di pos R10. Kita udah mikir bakal nginep di R10 itu. Pos R10 letaknya skitar 1 kilometer dari patung macan. dan waktu kita bilang ke penduduk situ klo kita maw nginep di R10, tuh penduduk pada senyum pait semua. kan kita jadi bingung ada apaan.. ane bilang, "Emang kenapa bu??"
itu ibu cuma bergidik dan bilang, "gak papa,, dingin disana."
eh setelah di selidik dik dik ternyata itu tempat katanya angker bukan maen.. katanya yang tidur disitu suka dipindah-pindahin sama yang nunggu. masih menurut si ibu tadi katanya siang2 juga suka banyak yang digangguin.. sial,,, ane bahkan kagak mikir sampe situ. ane kira ada macan ato apa,, dan parahnya lagi tuh ibu2 bilangnya belakangan lagi..
dan akhirnya ga jadi lah kita nginep disitu dan rencana beralih ke home stay paiman. enaknya di daerah kersik tuo orangnya hampir 90% orang jawa. jadi kita ngerasa kaga kaya di sumatera aja jadinya. daerah kersik tuo menurut ane udah daerah yang mayan modern. buktinya disitu udah ada bank bni sama bri, distro, rumah makan, fuji film, dll. tapi sayangnya disitu selalu kena pemadaman bergilir seminggu 3-4 kali.
kita akhirnya nginep di home stay paiman. walopun keadaan waktu itu gelap gulita akibat pemadaman listrik, tapi kita tetep seneng2 aja soalnya penduduk disana ramah2 sih.. biaya nginep per malam adalah Rp.30.000,- / orang. segitu sih udah murah yah.. lagipula homestay paiman enak kok. tempatya bersih. kasurnya bahkan ada yang springbed ditambah selimut tebal2 yang pasti udara dingin jadi gak berarti lagi dah..



[IMG][/IMG]
pagi harinya kita bangun pagi untuk solat subuh dan kemudian tidur lagi.. (abis pewe bgt gan tempat tidurnya). jam 07.00 kita udah mulai persiapan buat naek. kita berangkat dari homestay paiman jam 08.30. kita mutusin buat naek ojek sampe pintu rimba. siapa ojeknya?? tentu aja anak paiman yang langsung memproklamirkan diri sebagai ojek rimba. ane kira kita bakal berangkat satu2. ternyata tuh orang nekat bawa 2 orang ditambah carier yang berat2, yang klo diitung2 tuh motor udah kaya ngangkut 4 orang aja. sebenernya ane rada ragu waktu diliatin motor yang bakal bawa ane ngojek. itu motor udah kaya berasal dari sisa jaman belanda. dan terbukti ketika ane naek itu motor bareng si tama beserta carier masing2, itu shock motor udah kaya maw patah2 ane tumpangin. kayanya tinggal nabrak satu lobang lagi ancur dah tuh motor. tapi ternyata motor jadul emang laen. biar sekarat tapi ane sampe juga di pintu rimba. oiya ane naek ojek dengan pertimbangan bakal ngehemat waktu jalan selama 1 jam bila ane tempuh dengan jalan kaki. trek dari homestay paiman ke pintu rimba merupakan jalan aspal yang lebih banyak lobangnya ketimbang aspalnya. biaya per-orang untuk naek ojek adalah Rp.10.000,- .


[IMG][/IMG]

kata2 itu seolah ingin meluncur daru mulut ane dan ane yakin temen2 ane yang lain juga ngerasain hal serupa. setelah pintu rimba tanpa basa-basi kita bakal langsung masuk hutan. Hutan yang seperti kebanyakan hutan tropis lainnya yang ditutupi pohon2 tinggi menjulang sehingga cahaya matahari sangat mahal disini. daerah2 awal trek yang dilalui masih berupa jalan datar alias bonus track. kanan kiri terdapat tumbuhan2 yang kadang berduri. selain itu hingga pos 2 nanti kita bakal sering ngeliat tanaman anggrek hutan yang kayanya umurnya udah tahunan. ane emang kurang paham tentang tanaman anggrek, tapi yang ane taw itu tumbuhan mahal kalo dijual di pasar.
Selain itu di jalur ini juga banyak bgt sarang laba-laba yang kayanya iseng bgt bikin sarang di tengah jalan. jadi kita sering bgt nutupin muka ato bersihin muka dari sarang laba-laba.

Kira-kira sejam perjalanan kita dikejutkan dengan suara aneh bgt. ane kira itu suara suku kerinci (ane mikir gtu soalnya sebelum naek ane udah dijejelin cerita serem suku kerinci sama tama. kata doi suku kerinci punya kaki dengan tumit terbalik dan larinya kenceng bgt. trus kalo kita ketemu sama mereka niscaya salah satu dari anggota kita bakal hilang. hilang disini entah itu buat dijadiin kudapan mereka ato positifnya mereka cuci otak kita buat jadi member mereka). tapi setelah ane mencoba berpikir jernih kayanya itu suara lebih mirip suara siamang alias kumpulan sejenis kera yang hidup di gunung kerinci dan mungkin lagi masuk musim kawain jadi mereka pada overacting treak-treak gak jelas. Soalnya ane denger juga katanya banyak siamang yang hidup di gunung kerinci itu. setelah satu setengah jam perjalanan maka sampailah kita di pos 1. Oiya ciri-ciri dari pos adalah selalu ada papan pengumuman dari TNKS yang berisi peraturan2 selama berada di gunung.


0 komentar:


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Wedding Bands. Powered by Blogger